March 17, 2010

Tugas Besar Mata Kuliah CS4323/CS 4323 Information Retrieval IT Telkom 0910-2 Kategori 2- 10 TIPS AND TRICK MENGERJAKAN TUBES (TUGAS BESAR)

Posted in Category 2, CS 4323, CS4323, if-rpld, ifx-rpld, Information, Information Retrieval, institut, institut teknologi, it telkom, ittelkom.ac.id, Kampus, mata kuliah tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , at 8:17 pm by artrievals


Sebagai mahasiswa IT Telkom (jurusan Informatika khususnya), pasti akrab banget dengan istilah Tugas Besar. Hampir setiap semester selalu diwarnai dengan tugas besar yang bermacam-macam….
Setelah beberapa tahun berteman dengan Tugas Besar, kami menemukan Tips dan Trick untuk mengerjakannya dengan versi yang menyenangkan.
Tips-tips berikut sudah lolos uji kelayakan dan bisa langsung diterapkan
CEKIDOT🙂

Studi Kasus : Tugas Besar Mata Kuliah Information Retrieval CS4232

TIPS yang Pertama: Siapkan Bahan

Semuanya harus disiapkan dengan baik. Bawa semua bahan yang bisa membantu pengerjaan tugas besar. Jangan malah bawa majalah Cool ‘n Smart and High End Teen are recommended ones  :p …

Bahan tugas besar, buku, diktat, modul, handout

Siapkan bahan-bahan yang berhubungan dengan tugas besar. Buku, handout, diktat, modul, atau majalah juga boleh🙂

TIPS yang Kedua: Tepat Waktu

Kalau mengerjakannya bersama dengan teman-teman kelompok, datanglah di waktu yang ditetapkan. Jangan seperti gambar di bawah ini. Datangnya jam 8 padahal janjian jam 6… Wah sudah berapa banyak pekerjaan yang tertunda…

ontime, no late, tepat waktu

Tips kedua nih: Datang ontime jangan telat :p mengutip quote: Time is Money

TIPS yang Ketiga: Tempat yang Nyaman

Cari tempat dan posisi paling pewe (nyaman) untuk mengerjakan tugas. Mau sambil duduk, berbaring, push up, kayang, roll depan, roll belakang, yang penting bisa konsentrasi. Well, coding needs inspiration, doesn’t it?

comfortable, tenang, fresh, menyenangkan

Cari tempat yang nyaman, senyaman nyamannya

Tempat yang nyaman bisa di mana saja. Bisa juga di bawah meja, tempat yang tenang dan jauh dari gangguan…

konsentrasi, nyaman, tenang, fokus, bebas

Tempat yang nyaman di kolong meja

TIPS yang Keempat: Buka Facebook

Cari informasi sebanyakbanyakbanyaknya tentang tugas besar. Tanya teman, senior, dosen, orang tua, kakak adik (??) supaya tugas besar bisa diselesaikan sesuai dengan persyaratan yang diminta. Buka facebook bisa jadi alternatif🙂 Ga jarang kan dosen mem-publish info tentang tugas atau perkuliahan lewat media ini. Chatting sebentar untuk ngobrol-ngobrol. Upload, comment, tag foto.. Publish wall. dan sebagainya😀

facebook, chatting, wall, comment, note, tag

Buka facebook dulu..sharing dan chatting :p

TIPS yang Kelima: Kaskus dolooo

Satu lagi media informasi yang menarik untuk dikunjungi sambil mengerjakan tugas besar… Kaskus. Sambil baca thread yang menarik, menikmati cendol, dan menimpuki dengan bata, biasanya kita bisa mendapat inspirasi yang fresh ! Cekidot.

Kaskus.us, maho, thread

Cari info di kaskus

TIPS yang Keenam : Snack and Coffee time

Hal yang tidak kalah pentingnya (bahkan sangat penting untuk Riki dan Zen^^) untuk menemani pengerjaan tugas besar, yaitu Snack dan Kopi. Mengerjakan tugas besar kan identik dengan lembur serta begadang. Begadang jangan begadang, kalau tak ada kopinya. Seperti quotation berkata, Logika tidak dapat berjalan tanpa logistik…

snack, kopi, coffee, minuman

snack dan kopi adalah teman yang baik

TIPS yang Ketujuh: Jangan Stress

Tugas besar memang hal yang penting dan biasanya mengambil persentase yang besar untuk nilai mata kuliah. Tapi, tidak perlu stress ketika mengerjakannya. Mata membelalak, rambut acak-acakan, kepala pusing, sakit perut, mual-mual, gara-gara tugas besar? wah… untuk apa? Nikmati saja dan jangan sampai tertekan karena tugas besar..🙂 Take it easy, guys!

stress, tertekan

jangan stress

TIPS yang Kedelapan: Refreshing

Agar tidak stress seperti mereka di atas, sediakan waktu untuk refreshing. Main games, kartu, UNO, teka-teki, bercanda, atau mungkin seperti kami yang notabene-nya jago bahasa Inggris… Main Scrabble! Hehe… Walaupun sedikit ada kesalahan, Information Retrieval malah menjadi Inpormasion Retrifal. (kesalahan yang tidak lucu)

scrabble

scrabble

TIPS yang Kedelapan: Ceria Sampai Akhir

Pastikan kita tetap ceria sampai tugas akhir bisa diselesaikan dengan baik. Karena perasaan yang tertekan bisa mengundang penyakit🙂 Bekerja berkelompok adalah hal yang menyenangkan! Bahkan adhityo yang pendiam saja (kedua dari kiri) bisa tampil ekspresif setelah merasakan serunya bergabung bersama ARTRIEVAL 🙂

ceria terus

Tetap Ceria

Tugas Besar berkelompok bukan hanya tentang menyelesaikan tugas dan mendapatkan nilai, melainkan bagaimana kita bisa bekerja sama dengan teman ataupun orang-orang baru.

Setuju dengan tips kami? Leave comment ya…🙂

Terima kasih

24 Comments »

  1. artrievals said,

    tipsnya pasti bermanfaat loh… dicoba dicoba

  2. ajeng said,

    mantab gan

  3. klikbcak said,

    bantuin link ya…
    http://klikbcak.wordpress.com

    makasih🙂

  4. klikbcak said,

    btw, I LOVE SAME-SAME….
    mau donk majalah yg depannya ada cover same samenya… ^,^

    • artrievals said,

      boleh boleh.. kunjungin aja blognya tiap hari. berhadiah majalah😀

  5. adniwituwinda said,

    semangat yah😀 hehehehe
    semoga nilainya bagoes ^^

  6. Liger Zero Jaeger said,

    gagal pertamax yang penting page one,,,,,,,:kaboor:

  7. elin said,

    bagusss…🙂

  8. d13fakhrul said,

    Tips kesembilan,kopas😀

  9. Robin Leigio said,

    Gan, yg poto kedua, itu jam menunjukkan pukul 9 bukan jam 8..🙂

    • artrievals said,

      okay..postingnya akan diperbaiki…emang lagi keblinger matanya,,,hahaha :p

  10. Co_bedull said,

    swt,… klo dah semua nya tapi kgak ngerti tubes nya gmana donk??
    heheee,…

    • artrievals said,

      berarti Anda lupa baca tips yang ke 11 (hidden tips),,,perbanyak latihan coding untuk tubes di kost an Anda

  11. Yessi said,

    Tipsnya bagus untuk diikuti tu,..setuju gan!!
    btw,lokasi poto di ruang mana?
    si ocha di tips ke-7 bisa jadi model tu,..xpresinya dapet..haha..lucu cha..

    smangat2 IRnya..sebar ke semua temen di FB and post di Kaskus..sering2 buka juga n perbanyak aja comment2nya..

  12. […] menyelesaikan Tugas Besar Information Retrieval CS4323  (yang kisahnya sudah kami ceritakan di post kami yang kedua), kami memutuskan untuk refreshing Jalan-jalan keliling Bandung bersama anggota kelompok Artrieval […]

  13. wah keren tips nyaaaaaa

  14. vicky said,

    Semangat ya,,, Semoga dapet peringkat tinggi di tugas besar mata kuliah information retrievalnya.. CS 4323 atau CS4323 !!!!

    • artrievals said,

      sip..thanks a lot..
      terus stay in blog kita ya..
      banyakin comment nya..hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: